Memilih Mobil Bekas, Part II

Memilih Mobil Bekas, Part II

Duduk di belakang kendali kemudi adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Tak semata-mata untuk merasakan bagaimana jadi pengendaranya, tapi untuk bisa merasakan apa saja yang ada di dalam kokpit sehingga kenyamanan bisa ditemukan.

Coba dirasakan bagaimana steering wheel dari mobil bekas tersebut berputar apakah masih enak dan lancar atau sudah agak berat. Kondisi jok, penyesuai tinggi-rendah jok, keberadaan panel perseneling, serta yang paling utama adalah pedal kopling, gas, rem serta keberadaan handbrake yang harus tetap berfungsi.

Periksa sela-sela yang ada di dalam kokpit dan detail-detail kecil lainnya. Beberapa yang penting untuk bisa dipastikan ke-primaannya adalah dashboard. Coba periksa apakah kondisi dashboard masih bagus dan bahannya juga masih bisa dipakai untuk beberapa tahun kedepan atau tidak.

Selain itu, periksa bagian-bagian seperti bagasi. Apakah sudah termakan rayap, berkarat, atau mengalami damage di sana sini. Kebersihan dari mobil juga jadi alat justifikasi yang sah untuk menentukan harga. Apakah headlamp berada dalam kondisi yang stabil dan tak bergoyang-goyang karena keluar dari braketnya.

Periksa kelengkapan, surat-surat dan dokumen yang tertera di dalam mobil. Apakah kondisi STNK dan BPKB masih ada, dan seberapa lama tanggal jatuh tempo yang tertera di dalam surat tersebut serta apakah pajak sudah terbayar atau belum.

Keberadaan surat-surat yang lengkap memang amat krusial, karena biasanya para konsumen akan lebih mentoleransi kondisi fisik mobil yang buruk serta jelek, daripada ketiadaan surat-surat berharga untuk pengesahan mobil tersebut. Selain itu, surat-surat juga bisa berfungsi untuk keperluan asuransi, misalnya.

Saat berada di dalam kokpit mobil, ada baiknya jika odometer juga dibaca dengan teliti. Karena banyak sekali mobil yang terkesan masih baru, justru kilometernya sudah amat tinggi. Hal ini akan menerjemahkan, seberapa jauh mobil melangkah, dan berapa kali mobil sudah diservis.

Coba perhatikan ban mobil dan kondisi karet yang sudah dipergunakan selama beberapa tahun terakhir, atau saat mobil sudah berpindah tangan ke dalam showroom atau ke tangan penjual tersebut.

Beberapa indikasi yang bisa dilakukan untuk menentukan harga mobil tersebut, sekalipun tidak terlalu signifikan, adalah kondisi ban. Seberapa halus ulir ban tersebut, sejauh apa ban termodifikasi, atau seberapa baik ban sejajar dengan sasis dan body mobil.

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments