Pakai Mobil Manual, Jangan Biasakan Injak Setengah Kopling!

Pakai Mobil Manual, Jangan Biasakan Injak Setengah Kopling!

Momen berharga dan menyenangkan saat libur panjang seperti ini, yaitu berlibur bersama keluarga ke suatu tempat. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil apalagi bertransmisi manual, cara berkendara Anda harus ekstra hati-hati. Sebab jika salah, liburan menjadi terganggu.

General Manager Technical Service, Dadi Hendriadi, menuturkan, kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil manual, yakni saat berada di jalan menanjak dan macet. Kebanyakan, pengendara menginjak koplingnya setengah.

“Kalau jalannya macet terus menanjak dan kita sering menggunakan setengah kopling, mobil bisa bermasalah. Sebab, kopling menjadi habis,” ujar Dadi.

Saat melakukan hal itu, kata Dadi, kanvas kopling akan mengalami gesekan berat antara flywheel dan cover clutch (dekrup). Sehingga, ada baiknya, saat macet atau jalanan menanjak manfaatkan rem tangan dan bebaskan pedal kopling.

“Jadi lebih baik injak pedal kopling penuh atau tidak menginjaknya sama sekali atau manfaatkan rem tangan,” kata Dadi.

Menurutnya, jika mobil sudah mulai jalan lagi, sebaiknya bebaskan pedal kopling (tidak diinjak sama sekali) dan atur kecepatan dengan gas. “Kalau sering setengah kopling saat macet apalagi di jalan menanjak, mobil bisa mogok dan liburan Anda menjadi tergangu,” ucap Dadi.

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments