Perbaiki Citra Merek, Volkswagen Kembangkan Lima Mobil Listrik

Perbaiki Citra Merek, Volkswagen Kembangkan Lima Mobil Listrik

Tidak mau terus menerus terjebak dalam suasana skandal emisi, Volkswagen (VW) berupaya untuk memperbaiki nama brand. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan mengalihkan pengembangan dari mesin konvensional, kini fokus mengembangkan mobil listrik. Setidaknya ada lima mobil yang saat ini terus dikembangkan. Dua di antaranya masih dirahasiakan sampai sekarang.

Dilaporkan Autoblog.nl yang dikutip ulang Crascoops, menyebut bahwa perusahaan akan menawarkan beragam model mobil listrik yang dibangun menggunakan platform MEB terbaru. Dilaporkan pula kemimanya akan hadirkan secara bertahap mulai 2019 sampai 2022. Kemungkinan model pertama yang bakal diluncurkan adalah versi produksi dari mobil konsep I.D. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 2016 di ajang Paris Motor Show.

Mobil konsep I.D merupakan hatchback lima pintu yang dilengkapi dengan motor listrik. VW memprediksi tenaga yang dihasilkan dari motor listrik mencapai 170 ps, sedangkan daya jangkaunya antara 400-600 kilometer. Akselerasinya dari 0-100 kilometer per jam hanya delapan detik. Belum diketahui berapa harga mobil ini jika nantinya sudah dipasarkan secara resmi. Kemungkinan besar harganya akan sebanding dengan keunggulan dan performa yang ditawarkan.

Setelah I.D, VW akan meluncurkan I.D. Cross yang pertama kali diperkenalkan awal 2017 di pameran Shanghai Motor Show. Tidak ada data spesifikasi lengkap, tetapi mobil ini memiliki sumber tenaga yang berasal dari baterai lithium ion 83 kWh yang dihubungkan ke dua motor listrik. Sistem penggeraknya empat roda dengan tenaga maksimal 306 ps dan mampu menjangkau hingga 500 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Sementara itu I.D. AEROe dan I.D. Lounge diperkirakan menjadi model listrik selanjutnya yang akan dipasarkan VW. Bentuknya dan tampangnya seperti apa, sampai saat ini masih disembunyikan. Kemungkinan I.D. AEROe tampil sebagai sedan sporty atau coupe, sedangkan Lounge bisa jadi crossover atau MPV.

Terakhir, VW juga akan menawarkan versi produksi dari  I.D. Buzz. Mobil ini memiliki gaya retro yang sudah dilengkapi dengan dua motor listrik. Bila keduanya bekerja secara bersamaan maka tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 374 ps. Kemungkinan sistem penggeraknya semua roda, jadi akselerasinya dari 0 sampai 97 km/jam sekira lima detik dan kecepatan tertinggi 160 km/jam. -okezone.com

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments