Sebelum Euro4 Diterapkan Pemerintah Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Sebelum Euro4 Diterapkan Pemerintah Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Bahan bakar mobil berstandar Euro4 bakal mulai diterapkan di tahun depan khususnya untuk yang berbahan bakar bensin. Sementara untuk mobil diesel penerapannya baru akan dimulai 4 tahun lagi.

Sebenarnya secara teknologi, mobil-mobil yang dijual di Indonesia sudah sejak lama mengadopsi standar BBM Euro4, hanya saja standar BBM di RI masih Euro2.

Saat penerapannya nanti, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta pemerintah memastikan bahwa BBM yang dijual memang sudah betul-betul standarnya Euro4.

“Permintaan saya ada 3 ke pemerintah mengenai Euro4. Pertama bahan bakar Euro4 tolong disiapkan karena kami nggak bikin bahan bakar,” kata Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi di Jakarta.

Bukan hanya itu, Nangoi juga menambahkan pendistribusian BBM Euro4 harus merata agar kebutuhan di daerah terpenuhi.

“Saya nggak bisa dua atau tiga tahun lagi saya udah bikin mobil Euro4 saya jual ke Makassar, oh nggak bisa ke Makassar karena belum ada bahan bakar Euro4, celaka saya,” tambah Nangoi.

“Kementerian Perhubungan harus siap melakukan uji tipe karena ada beratus-ratus kendaraan yang harus diuji lagi, sementara sekarang untuk nguji itu ngantrenya setengah mati ya kalau nggak industri itu berhenti,” tutup Nangoi. -oto.detik.com

 

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments