Volkswagen Hentikan Produksi Phaeton

Volkswagen Hentikan Produksi Phaeton

Wolfsburg -Volkswagen akhirnya menghentikan produksi Phaeton setelah 15 tahun masuk dalam jajaran mobil pabrikan mereka. Dikabarkan penghentian produksi Phaeton karena VW tengah menyiapkan versi terbaru dari sedan tersebut dengan tenaga listrik.

Dilansir Deutschewelle, Selasa (22/3/2016), mobil yang diambil dari nama dewa mitologi Yunani tersebut tidak pernah mengalami insiden atau laporan terkait cacat atau kerusakan apa pun.

Volkswagen mengumumkan pada Desember lalu untuk memangkas keuangan perusahaan, termasuk soal produksi mobil akibat skandal emisi. Salah satu imbas pemangkasan tersebut berdampak pada model Phaeton.

Penjualan mobil yang mampu melesat dengan kecepatan 300 kilometer per jam itu mencapai puncaknya pada 2011 lalu dengan 11.166 unit terjual. Namun setelah tahun keemasan tersebut, penjualan Phaeton tercatat biasa saja.

Pada 2014, angka penjualan Phaeton pun menurun ke angka 4.061 unit dari 6,16 juta unit yang terjual di seluruh dunia. Jumlah itu berpengaruh pada unit yang diprodusi di pabrik VW yang berlokasi di Dresden, Jerman. Sedan yang dijual dengan harga $99,900 (Rp 1,3 miliar) itu diproduksi hanya 10 unit per hari.

Phaeton edisi terakhir diproduksi di pabrik assembly Volkswagen yang berdindingkan kaca di Dresden, Jerman pada 18 Maret lalu. Masyarakat dapat melihat secara langsung bagaimana perakitan mobil tersebut.

Sementara itu, baru-baru ini dikabarkan bahwa VW sedang menyiapkan Phaeton bertenaga listrik. Dikatakan, Phaeton bertenaga listrik ini bakal mampu berlari hingga 300 mil.

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments