Volkswagen: Tren Downsizing Sudah Berakhir

Volkswagen: Tren Downsizing Sudah Berakhir

Pasar Indonesia masih mendapatkan VW Golf Mk7 bermesin 1.400 cc turbo TSI, tapi di luar sana Golf Mk7 facelift sudah hadir dengan mesin baru yang lebih besar, yakni 1.500 cc turbo TSI evo bertenaga 150 PS. Lho, kapasitasnya naik? Iya, kini VW tidak mengikuti paham downsizing, yakni paham yang menggunakan mesin kecil berturbo untuk menghasilkan tenaga setara mesin yang lebih besar. Dengan adanya mesin ini, apa sekarang kembali ke upsizing?

Sepertinya demikian menurut bos VW, Dr. Herbert Diess. Ia menyampaikan bahwa,”Tren downsizing sudah mati.” Alasannya? Menurutnya, seiring dengan mengecilnya mesin, kadar emisi malah naik, dan itu sudah pernah kami bahas sebelumnya (Baca : Produsen Mobil Akui Downsizing Sangat Boros Waktu dan Biaya). Efisiensi BBM yang diukur via tes NEDC pun menuai hasil yang tidak realistis, susah untuk dicapai di kondisi real karena tes NEDC dilakukan di situasi yang terkontrol.

Semua ini mengikuti laporan di Reuters Oktober lalu, mengutip bahwa VW dan produsen lain berencana untuk meningkatkan kapasitas silinder dari beberapa mesin terkecil yang mereka punya. Laporan yang sama juga disebutkan untuk mesin 900 cc Renault H4Bt yang sebenarnya menyuntikkan bensin secara berlebih untuk menghindari overheating. Pantas saja jatuhnya boros-boros juga.

Dalam hal ini, VW pun berkata kalau, “Kapasitas mesin-mesin kami akan naik,” namun untuk mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang ada di VW Polo misalnya, akan terus dijual tanpa perlu diubah-ubah banyak.”Kami akan menawarkan mesin 1.000 cc 3 silinder turbo kami yang kompeten, tapi saya rasa tidak akan ada mesin yang lebih kecil dari itu,” ucap Dr. Herbert Diess. Hm, menyindir pabrikan lain yang punya mesin 800 cc turbo ya?

Namun Car Throttle sendiri melihat akan ada stau pabrikan mobil yang bisa cuek dengan problematika ini, yakni Mazda. Alasannya? Mereka adalah satu dari sedikit pabrikan yang masih percaya pada mesin naturally aspirated alias non-turbo. Ya sih, mereka punya mesin SkyActiv Turbo di Mazda CX-9, tapi hanya itu saja. Kalau kapasitas mesin turbo naik, apa yang ada di kepalamu?. -autonetmagz.com

About the Author

Leave a Comment

Facebook Comments